Mungkin beberapa diantara kita sudah pernah melihat atau mengerjakan tes koran. Kebetulan di bimbingan belajar, tes koran harus dilatih ke anak-anak karena untuk masuk ITB dan UI perlu mengikuti psikotes padahal dalam psikotes itu ada tes koran.

Tes koran pada dasarnya terdiri dari angka-angka 0 – 9 yang disusun vertikal seperti kolom. Kolom berikutnya ditambahkan memanjang ke kanan sehingga lebar sekali. Tes ini sering disebut tes koran karena ukuran kertas soal yang selebar ukuran koran (red). Beberapa teman juga mengatakan kalau tes ini adalah tes numerik gila, alias bikin gila.

Pengerjaannya sederhana, kita tinggal menjumlahkan dua angka yang berdekatan dalam satu kolom dan menuliskan digit terakhirnya di sela-sela kedua bilangan, demikian seterusnya. Contoh:

1                  4                  8

3                  2                  9

2                  8                   1

1                  3                  4

9                  5                   3

Sebenarnya mudah, akan tetapi karena dituntut harus mengerjakan soal yang banyak dalam waktu lama, kita semakin lama akan semakin gila. Apalagi bagi yang belum makan sebelum tes, bisa muntah-muntah. Saya tidak bercanda lho karena itu pengalaman-pengalaman teman-teman saya :)

Triknya adalah begini. Sewaktu kita menuliskan digit terakhir dari dua bilangan berdekatan, pada saat itu juga kita mengerjakan dua angka selanjutnya. Jadi menulis tidak usah diperhatikan (namun tangan tetap bergerak untuk menulis), akan tetapi fokus pada penjumlahan dua bilangan selanjutnya. Artinya, pikiran kita didepan mengerjakan soal berikutnya, padahal tangan kita masih menulis jawaban sebelumnya. Hal ini sangat menghemat waktu berdasarkan pengalaman saya karena proses pengerjaan tes koran menjadi lancar dan cepat. Sebaiknya juga memiliki irama entah setiap 5 – 10 hasil. Kalau berdasarkan pengalaman saya, biasanya jeda saya lakukan setiap 6 kali perhitungan, demikian seterusnya. Hal ini diperlukan agar hasil yang kita peroleh konsisten kebenarannya dan otak kita tidak jenuh.

Alhasil nanti anda mungkin jadi yang terbaik. Jika pun tidak, hasilnya pasti diatas rata-rata.

Selamat mencoba.

N.B. Contoh tes koran bisa diklik disini:  Tes_Koran

About these ads