Menanggapi isu politik sambil minum kopi

Saya pernah diingatkan untuk tidak terlibat isu politik, menyimak saja cukup. Apalagi sekarang ini begitu banyak berita palsu di media sosial. Saya susah memilih berita mana yang kredibel. Akibatnya, saya bisa gampang terhasut.

 
Masalahnya begitu isu politik dikaitkan dengan isu SARA, fokusnya jadi menyebar. Kawan bisa jadi lawan, kebencian dimana-mana. Saya juga menjadi tidak produktif di bidang yang saya geluti sendiri karena fokusnya terbagi. Apalagi banyak di antara kita masih susah menerima perbedaan. Beda sedikit berantem. Saya pernah membaca bahwa perbedaan itu justru adalah kelebihan. Saya kira pendidikan dan wawasan luas bisa membantu pemahaman bahwa perbedaan adalah kekayaan.

 
Kita kebanjiran informasi seiring dengan internet makin kencang. Akan tetapi, kejelian diperlukan untuk memilah mana informasi yang berguna. Ada banyak sampah informasi. Orang yang gampang terhasut akan menyebarkan informasi lewat media sosial sehingga semakin tidak terkendali. Secara tidak sadar kita menjadi provokator.

 
Oleh karena itu perlu ketenangan dan kesabaran menghadapi situasi berbau isu politik. Saya perlu menanggapi isu politik dengan lebih santai. Biarkan sungai informasi jernih dulu sambil meminum kopi hangat. Niatnya sih begitu, akan tetapi mau bikin kopi saja saya malas.

Advertisements
This entry was posted in Thought and tagged , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s