Penggunaan kata ‘harus’ sebaiknya dikurangi.

Hal yang paling mencolok di media sosial seperti facebook adalah sikap terhadap perbedaan pendapat. Saya sering melihat banyak orang menganggap pendapatnya sama dengan fakta. Pendapatnya tidak bisa salah. Biasanya perdebatan itu tidak akan objektif lagi. Saya kira sikap seperti ini berhubungan dengan sudut pandang terhadap kata ‘harus’. Ya benar, kata ‘harus’ sebaiknya dikurangi penggunaannya dalam kehidupan sehari-hari.

Ketika saya menggunakan kata ‘harus’ dalam kalimat, situasi menjadi serius. Saya tidak terima pendapat yang lain dari pendapat saya. Saya menutup berbagai kemungkinan lain. Pikiran saya menjadi tidak bebas. Seringkali saya tidak punya banyak bukti untuk menunjukkan kalau pendapat saya memang adalah fakta. Saya kira kata ‘harus’ juga dikurangi penggunaannya ke anak. Begitu banyak kemungkinan di dunia ini. Kita berharap si anak menyadari itu. Si anak bisa berpikir dan berimajinasi. Si anak tidak menerima pendapat begitu saja.

Menurut saya, kata ‘harus’ cocoknya di matematika dalam bentuk aksioma atau postulat. Di matematika ya 2 + 2 = 4. Kadang-kadang aksioma juga butuh kesepakatan dan bisa diperdebatkan. Dahulu kala orang mengira bumi adalah pusat tata surya. Baru pada abad ke-16, Copernicus menyatakan model tata surya dimana matahari adalah pusatnya. Tentu saja dia memberikan bukti untuk mendukung pernyataan itu. Jadi intinya semua kemungkinan bisa terjadi, semua bisa salah. Saya kira pendidikan dan wawasan yang luas bisa memperbaiki sikap ini.

Ya pendapat ini juga bisa salah.

This entry was posted in Ilmu lainnya. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s